Advertise

Kisah Sukses OPRAH WINFREY, Ratu Talk Show Dunia

Oprah Winfrey adalah salah satu wanita terkaya di dunia. Majalah Forbes memperkirakan Oprah telah berhasil mengumpulkan kekayaan sebanyak 1,5 miliar dolar AS. "Jadilah diri Anda sendiri, jadilah diri yang sebaik mungkin." Jika Anda bertanya pada Oprah tentang tips berbisnis, Anda akan mendapat jawaban ini.


Oprah tak pernah menyangka bahwa penderitaannya yang sangat berat di masa kecil, dapat membawanya menuju ambang pintu kesuksesan.

Oprah yang dilahirkan di Kosciusko, Mississippi, pada 29 Januari 1954, menghabiskan 6 tahun pertamanya sendirian di peternakan babi bersama neneknya. Ia tidak tinggal dengan orangtuanya, bahkan orangtuanya sendiri pun tak dapat mengeja namanya dengan benar. Tak lama kemudian, orang tua Oprah bercerai. Penderitaan Oprah tak sampai di situ saja. Di usia 14 tahun, ia hamil. Anak yang dilahirkannya pun tak lama kemudian meninggal. Oprah stres dan melarikan diri dari rumah, dan nyaris saja ia dimasukkan ke pusat rehabilitasi remaja. Pada akhirnya, ia dikirimkan ke rumah ayahnya, Vernon Winfrey.

Oprah berusaha tegar. Ia mulai menyadari bahwa dirinya diberi kesempatan untuk memperbaiki hidupnya. Dengan dukungan ayahnya yang menuntut dirinya membaca satu buku per pekan, Oprah menjadi seorang murid yang baik.

Sekalipun masa kecilnya penuh kesulitan, Oprah tidak kehilangan masa depannya. Di usia 16 tahun, dia menjadi Miss Fire Prevention berkulit hitam pertama di Nashville. Hal itu dilanjutkan dengan terpilihnya Oprah sebagai penyiar radio dan pembaca berita di salah satu stasiun TV. Karena tidak berpengalaman, dia terlalu bersemangat untuk berbicara tanpa naskah, dan hal ini tidak disukai oleh stasiun TV tersebut. Oprah kemudian diberhentikan, dengan alasan bahwa Oprah lebih cocok untuk jenis acara Talk Show.

Tentu saja Oprah sangat cocok dengan jenis acara itu. Dia penuh rasa percaya diri, mudah mengungkapkan perasaan, dan yang terpenting adalah bahwa dirinya familiar bagi pemirsanya. People Are Talking, AM Chicago, dan The Oprah Winfrey Show adalah deretan Talk Show yang telah dipandunya.

Jika Oprah mulai melangkah sebagai entertainer di usia 16 tahun, maka dia mulai merambah bisnis sendiri pada tahun 1984. Dia mendirikan perusahaannya sendiri bernama Harpo. Melalui Harpo, ia membeli hak atas acaranya. Selain itu, Harpo juga merambah ke bidang produksi film dan majalah. Semuanya itu mencerminkan Oprah dan filosofinya tentang pemberdayaan wanita.

Kemampuannya untuk berempati dan berkomunikasi dilihat sebagai kelengkapan bisnis yang sangat berharga. Hal itulah juga yang membawa Oprah menuju keberhasilannya sebagai salah satu wanita terkaya di dunia.