Advertise

ROBERT DOWNEY JR, Aktor "Jenius" di Balik Topeng IRON MAN

Pria yang bernama lengkap Robert John Downey Jr. ini, lahir di New York, USA, pada 04 April 1965. Saat ini pemeran Tony Stark dalam film IRON MAN tersebut, telah membintangi lebih dari 70 film layar lebar.


Semasa kecil, Robert dibesarkan di kalangan pembuat film. Ayahnya, Robert Downey Sr. dikenal sebagai seorang aktor, penulis, dan sutradara. Sementara ibunya, Elsie Downey, adalah seorang aktris dan penulis naskah yang selalu bermain di film buatan sang suami.

Dibesarkan di dunia film membuat Robert menjadi jatuh cinta. Dia kemudian memulai debutnya di dunia akting dalam film POUND (1970) yang disutradarai oleh ayahnya. Saat itu, Robert masih berusia lima tahun.

Beranjak remaja, Robert yang serius untuk meniti karir sebagai seorang aktor memilih untuk bersekolah di Stagedoor Manor Performing Arts Training Center di New York. Tak lama setelah perceraian orang tuanya di tahun 1978, Robert pindah ke Los Angeles dan tinggal bersama ayahnya. Ia lalu kembali lagi ke New York setelah drop out dari sekolahnya pada 1982. Masa-masa remaja Robert merupakan masa yang penuh perjuangan baginya.

Tahun 1992, nama Robert semakin dikenal usai berperan sebagai Charlie Chaplin di film CHAPLIN (1992). Untuk perannya itu, Robert melakukan berbagai persiapan khusus seperti belajar bermain biola dan tenis. Dia bahkan memiliki pelatih pribadi yang membantunya membentuk postur tubuh sekaligus gaya mirip Charlie Chaplin. Berkat kerja kerasnya di film CHAPLIN, dia berhasil meraih nominasi pertamanya lewat penghargaan Oscar untuk kategori Best Actor. Sayangnya, Robert dikalahkan oleh aktor Al Pacino. Sukses sebagai Charlie, Robert mulai mendapat banyak tawaran untuk bermain di beberapa film Hollywood, seperti HEART AND SOULS, ONLY YOU, NATURAL BORN KILLERS, dan RICHARD III.

Sayangnya kesuksesan yang telah diraihnya di masa muda itu, tidak membuat hidupnya lantas mulus begitu saja. Robert justru terjerumus dan menjadi pecandu obat-obatan terlarang. Ia bahkan sempat berkali-kali ditangkap dan menjalani rehabilitasi, antara tahun 1996 hingga 2001.

Dalam kehidupan rumah tangganya, penyuka ajaran Tao (Buddha) ini telah menikah dua kali. Pernikahan pertamanya dengan Deborah Falconer, telah memberinya seorang putra bernama Indio. Sedangkan dari istri keduanya, Susan Levin Downey, ia juga dikaruniai seorang putra yang bernama Exton Elias.

Tentang pertemuannya dengan Susan, Robert bercerita, "Saya bertemu dengannya saat latihan bersama Halle Berry di Montreal, 10 tahun lalu. Ia terlalu manis untuk menjadi seorang bos, begitu pikir saya saat pertama kali melihatnya." Susan Levin sendiri adalah seorang produser yang telah memproduseri beberapa film, antara lain: GOTHIKA, SHERLOCK HOLMES, THE BOOK OF ELI, IRON MAN 2, dan DUE DATE.

Mengenai film IRON MAN yang telah membuat namanya melambung tinggi, Robert merasa bahwa film tersebut memang telah ditakdirkan untuknya. "IRON MAN adalah film pertama yang mengharuskan saya untuk mengikuti screen-test setelah film CHAPLIN. Film itu seperti memang ditakdirkan untuk saya. Padahal, saya datang pada casting hari itu tanpa persiapan yang baik. Ketika akhirnya mendapatkan peran itu, saya benar-benar bahagia. Saya sangat bersemangat untuk memainkan peran ini," beber aktor yang juga bermain dalam film SHERLOCK HOLMES dan THE AVENGERS ini.

Dalam film super hero IRON MAN, Robert berhasil menarik banyak sekali penggemar, terutama anak-anak kecil. "IRON MAN telah membuat saya sekarang ini memiliki banyak penggemar anak kecil. Adalah sebuah kebanggaan saat ada anak kecil yang memanggilmu dengan nama karakter yang Anda mainkan," ungkap Robert dengan bangga.