Advertise

Makanan-makanan Alami dan Sehat Pencegah Penyakit

Semua orang pasti ingin sehat. Akan tetapi semakin hari, rasanya semakin banyak jumlah penyakit yang perlu Anda waspadai. Tentu ada obat atau solusi medis untuk hampir semua penyakit. Namun sebelum terkena, akan lebih baik jika Anda menyiapkan diri untuk mencegahnya. Sumbernya ada di dekat Anda sendiri. Ditambah dengan pola makan yang baik, maka dijamin penyakit akan enggan masuk ke dalam tubuh.


1. Teh Hijau
Teh hijau mengandung polifenol dalam jumlah tinggi. Kandungan inilah yang dipercaya dapat mencegah kanker payudara, terutama yang disebabkan oleh faktor lingkungan.

2. Wortel
Kuncinya di karotenoid. Pigmen yang ada di wortel ini akan menurunkan resiko terkena kanker kulit. Mereka yang mengonsumsi karotenoid punya enam kali resiko lebih kecil daripada yang hanya mengonsumsi sedikit wortel. Karotenoid juga bermanfaat memberi warna kulit yang sehat. Cukup dengan mengonsumsi setengah mangkok baby carrot dalam sehari. Selain itu, wortel juga mampu meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) hingga 20-30%. Rahasianya pada konsumsi wortel minimal dua buah per hari.

3. Bawang Putih
Bawang putih telah dikenal sebagai obat antikanker prostat. Senyawa kimia yang terkandung di dalamnya terbukti ampuh menurunkan resiko kanker prostat hingga 50%. WHO menyarankan untuk mengonsumsi 2,5 gram (sekitar 1 siung) bawang putih segar setiap hari. Kalau hendak memasak, diamkan dulu bawang putih yang telah dihaluskan atau dipotong-potong sekitar 10 menit sebelum dimasak. Ini akan memungkinkan pembentukan komponen antikanker.

4. Minyak Zaitun
Sebanyak 80% kandungan lemak minyak zaitun adalah asam lemak tak jenuh tunggal. Ini bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL). Jadi, tak salah bila dikatakan minyak zaitun membantu mengurangi resiko penyakit jantung koroner sekaligus menjaga kadar kolesterol.

5. Kentang Panggang
Tekanan darah tinggi bisa disebabkan oleh tingginya kadar garam atau natrium dalam tubuh. Mengonsumsi kentang panggang bersama kulitnya akan secara signifikan menurunkan tekanan darah karena kandungan natriumnya hanya 0,4 mg/100 gr.

6. Sereal
Dalam sereal terkandung serat dalam jumlah yang cukup tinggi. Mereka yang makan sereal setiap hari akan mengalami penurunan resiko kanker usus besar sebanyak 20%. Selain itu, konsumsi 30 gram serat sehari bisa mengurangi resiko kanker payudara hingga 50%. Jika Anda butuh variasi, cukup tambahkan potongan buah dalam semangkuk sereal.

7. Bayam
Ternyata tak hanya wortel yang baik untuk mata. Bayam pun juga berkhasiat untuk mata. Ini berkat kandungan luteinnya. Kandungan yang biasa ditemukan dalam daun berwarna hijau ini, bisa menurunkan resiko penurunan penglihatan hingga 43%.

8. Tempe
Dibandingkan makanan lain dari keledai, tempe dibuat dari keledai utuh. Kandungannya kaya akan serat, kalsium, vitamin B, dan zat besi. Selain itu, tempe juga mengandung antibiotik untuk menyembuhkan infeksi dan antioksidan untuk menangkal penyakit degeneratif.

9. Keju
Secara umum, makanan yang kaya kalsium dan fluor baik untuk menghambat terjadinya karies gigi dan meningkatkan ketahanan gigi terhadap terjadinya karies. Studi menunjukkan bahwa keju bisa memperkuat gigi dengan mencegah demineralisasi gigi, mempercepat aliran air liur, dan meningkatkan PH air liur. Hal ini belum tentu ditemui pada produk olahan susu lainnya.

10. Kopi
Pikun termasuk penyakit yang paling ditakuti. Alzheimer adalah jenis kepikunan yang bisa melumpuhkan pikiran dan kecerdasan seseorang. Untunglah, kopi dapat membantu menurunkan resiko terkena Alzheimer sebanyak 60%. Kopi mengandung stimulan, kafein, dan antioksidan yang merangsang kerja sel-sel otak. Jadi silahkan minum kopi, asal tidak hingga bergelas-gelas setiap hari.

11. Salmon
Kandungan omega 3 dalam salmon cukup tinggi. Karena itu, selain baik untuk jantung, salmon juga bermanfaat mencegah radang sendi. Salmon merupakan seumber protein, kalsium, fosfor, dan vitamin D, yang dibutuhkan tulang.

12. Tahu
Jangan anggap sepele makanan yang dipandang makanan rakyat ini. Pada penduduk Jepang yang sehari-hari mengonsumsi tahu, diketahui kasus kankernya 80% lebih sedikit dibandingkan masyarakat Barat. Banyak penelitian yang menunjukkan, mengonsumsi tahu secara teratur dapat menurunkan resiko kanker payudara dan prostat.

13. Daging Merah
Rambut adalah mahkota wanita. Karena itu, rambut yang tebal didambakan oleh kebanyakan wanita. Ini bisa Anda raih dengan mengonsumsi daging merah. Zat besi di dalamnya mampu merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu, kandungan zinc-nya juga membantu melindungi rambut dari kerontokan.

14. Selada Bokor
Serangan jantung atau stroke seringkali disebabkan oleh adanya penyumbatan di pembuluh darah. Penyumbatan ini diakibatkan oleh plak yang terbentuk karena oksidasi kolesterol. Inilah yang perlu Anda cegah. Coba konsumsi selada bokor, misalnya saat Anda makan salad. Kandungan vitamin C dan betakaroten di dalamnya akan bekerja sama mencegah oksidasi kolesterol.

15. Brokoli
Bila Anda sayang diri sendiri, mulailah menyayangi brokoli. Kandungan asam folat yang tinggi pada brokoli dapat menghentikan virus yang mencetuskan kanker serviks. Menurut sebuah riset, wanita yang memiliki kadar asam folat yang tinggi di dalam sel darah merahnya, akan lebih minim terinfeksi virus kanker serviks.