Advertise

Mengintip Markas Besar Google di Silicon Valley

Anda tentu tak asing mendengar kata Google. Inilah perusahaan pencari di internet yang luar biasa sukses dan namanya telah mendunia. Perusahaan ini dalam waktu 13 tahun saja telah berkembang dari skala kecil menjadi raksasa multinasional yang memiliki lebih dari 32.000 staf di 60 kantor di seluruh dunia. Markas besar mereka terletak di Silicon Valley, California, AS, yang luasnya sekitar 10,5 hektar (Googleplex). Seperti apa suasana di dalamnya? Simak di bawah ini.


Jika masuk ke dalam Googleplex, langsung terlihat ratusan Googler (sebutan untuk karyawan Google) yang ada di kompleks ini. Rata-rata mereka berbusana kaus, memakai tas ransel, dan menjinjing laptop. Ya, kaus adalah busana favorit di sini.

Untuk menyusuri Googleplex yang luas, sudah disediakan ratusan sepeda yang bisa ditemui di berbagai penjuru kompleks. Biasanya sepeda-sepeda berwarna khas Google ini (biru, merah, kuning, dan hijau) digunakan oleh para karyawan mereka.


Perusahaan ini memiliki budaya kerja yang unik. Mereka suka memadukan bisnis dengan bersenang-senang (Googley). Di markas mereka itu, Anda jangan kaget jika melihat ada karyawan yang memakai celana jin lusuh, membawa gitar di tas ranselnya, memakai sepatu roller-blade, hingga membawa anjing ke tempat kerja. Bahkan di kafe mereka tersedia berbagai makanan dan camilan, yang semuanya gratis untuk para karyawan mereka. Karyawan pun bebas mengemil kapan pun mereka mau. Ada lebih dari 150 kafe yang tersebar di seluruh penjuru Googleplex.


Selain kafe yang tersebar di mana-mana, kompleks mereka ini juga dilengkapi dengan pusat kebugaran gratis, lounge, meja permainan biliar, pingpong, hingga bola voli. Anda dapat melihat para insinyur mereka yang sedang membahas proyek sambil bermain pingpong atau bola voli. Itulah salah satu cara perusahaan yang bersemboyan "Jangan Berlaku Jahat" menyelesaikan pekerjaan mereka di markas besarnya.

Meskipun suasana kerjanya yang santai, perusahaan ini dengan serius terus menciptakan inovasi-inovasi luar biasa yang bisa mengubah dunia. Menurut sebuah sumber, laboratorium mereka (Google X), sedang mengerjakan penemuan-penemuan unik, seperti lift yang bisa membawa manusia ke luar angkasa lewat kabel, mobil-mobil tanpa pengemudi, robot-robot yang berangkat kerja menggantikan manusia, dan gagasan-gagasan ganjil lainnya. Terdengar mustahil? Sepertinya tidak, karena mobil tanpa pengemudi sudah hadir pada 2010 lalu. Dan mobil itu sudah melaju kurang-lebih 320.000 km di jalur bebas hambatan di Nevada dan California. Luar biasa dan mengagumkan!