Advertise

8 Tempat Belanja Oleh-Oleh Terkenal di Bandung

Jika Anda berkunjung ke Bandung, rasanya tidak lengkap jika Anda tidak membawa pulang oleh-oleh dari ibukota Jawa Barat itu. Berikut beberapa tempat belanja oleh-oleh terkenal di Bandung.


1. Roti Sidodadi

Toko yang beralamat di Jalan Otto Iskandar Dinata 255 ini, mesti dikunjungi, terutama bagi Anda yang suka berburu makanan zaman dulu. Sudah berdiri sejak tahun 1950-an, toko ini sampai sekarang masih bertahan.

2. Brownies Kukus Amanda
Kalau soal brownies kukus, Amanda jagonya. Brownies kukus buatan Sumiwiludjeng ini sangat fenomenal. Begitu muncul langsung mendapat sambutan luar biasa dari para pelancong yang berburu oleh-oleh di Bandung. Anda dapat membeli brownies kukus ini di cabang-cabang resmi Amanda (Anak Menantu Damai), yaitu di Jln. Otten, Jln. Rancabolang, Jln. Lodaya, dan Jln. Antapani.

3. Pisang Molen Kartika Sari
Meski toko pusat Kartika Sari ini berlokasi di gang yang sempit (Kebon Kawung), minat pembeli untuk berbelanja di sini tak pernah surut. Toko kue milik Ny. Agus ini bisa dipastikan setiap akhir pekan selalu dipenuhi pembeli yang berasal dari dalam dan luar kota Bandung. Apabila Anda berminat untuk membawa pisang molen ini sebagai oleh-oleh, Anda dapat membelinya juga di Jln. Jakarta 77 E, Jln. Kopo Sayati 111 A, dan Jln. Buah Batu 165 A.

4. Gepuk Ny. Yong
Kalau Anda penggemar empal, sebaiknya jangan meninggalkan Bandung sebelum mampir ke toko gepuk Ny. Yong. Yang belum tahu apa itu gepuk, tak perlu heran, sebab gepuk dan empal itu sama saja. Untuk membawa pulang gepuk Ny. Yong sebagai oleh-oleh, Anda dapat membelinya di cabang-cabangnya yang terletak di Jln. Pasundan 15, Jln. Sawo 6, Jln. Setiabudi 144, dan Jln. R.E. Martadinata 57.

5. Kripik Oncom
Begitu nama kripik oncom disebut, orang langsung teringat pada oleh-oleh khas Bandung. Bahkan, seolah-olah kunjungan ke ibukota Jawa Barat itu tak lengkap jika tidak diakhiri dengan belanja kripik oncom. Tempat belanja kripik oncom yang terkenal, salah satunya adalah Toko Sari Raos. Anda dapat menemukan toko ini di dua cabangnya, yaitu Jln. Cihampelas 91 B dan Jln. Lembang Raya 240 & 257.

6. Kopi Aroma
Bagi Anda yang pecandu kopi, jangan pernah bilang sudah ke Bandung kalau belum mencoba Kopi Aroma. Kopi ini bukan sembarang kopi. Kehebatan kopi ini setidaknya dapat dilihat dari riwayatnya, yang sudah berdiri sejak tahun 1930. Anda dapat menemukan toko Kopi Aroma di Jln. Banceuy 51, Bandung.

7. Roti Bagelen
Roti bagelen cukup populer sebagai oleh-oleh di Kota Bandung. Banyak toko kue yang menyajikannya. Salah satunya yang cukup kondang adalah Toko Bagelen Abadi di Jln. Purnawarman. Toko ini sudah berdiri sejak tahun 1969.

8. Sosis
Zaman sekarang, orang sangat mudah untuk menemukan produsen sosis. Namun, dari yang banyak itu tentu ada yang rasa sosisnya paten, dan ada yang hanya biasa-biasa saja. Salah satu yang rasanya paten itu adalah Rumah Sosis di Jln. Setiabudi 295. Jika Anda pergi ke Lembang dari Bandung, Anda dapat menemukan tempat ini di sebelah kiri jalan. Tempatnya cukup luas dengan papan nama besar bertuliskan Rumah Sosis Eat-Swim-Play.