Advertise

Tip dan Trik Memotret di Konser Musik

Jika Anda penggemar menonton konser musik, tentu Anda ingin mengabadikan aksi idola Anda di kamera. Selain itu, hal ini juga sebagai bukti otentik kehadiran Anda di konser itu. Untuk mendapatkan hasil foto yang lebih baik, berikut ada beberapa tip memotret di konser musik.


1. Jangan menggunakan flash. Hampir semua pertunjukan seni mengharamkan penggunaan lampu kilat. Selain dapat mengganggu kenyamanan penonton lain, flash dapat mengganggu konsentrasi artis.

2. Bawa dua lensa, yaitu wide dan tele. Penggunaan lensa wide dapat membantu Anda mengambil foto para pemusik di atas panggung secara keseluruhan, dan jika ingin memperoleh foto yang lebih kaya, lensa tele dapat diandalkan untuk memotret sang artis secara close-up.

3. Gunakan ASA tinggi, misalnya 1000 atau 1600. Trik itu untuk mendapatkan foto yang terlihat normal dalam suasana yang cenderung gelap.

4. Atur diafragma agar foto tidak over-exposure atau under-exposure, pada f/5-f/8. Soal kecepatan, pakailah 1/60 atau 1/125.

5. Bawalah monopod. Konser musik bisa memakan waktu 1-2 jam. Monopod akan menopang kamera dan lensa yang berbobot 1-4 kg sehingga tidak goyang saat Anda beraksi. Berbeda dengan tripod yang berkaki tiga, monopod hanya memiliki satu kaki sehingga jauh lebih simpel dan ringkas.

6. Berlatih memotret pertunjukan seni di mana saja sebelum hari yang ditunggu. Dengan frekuensi latihan yang tinggi, kemampuan Anda pun semakin terasah dan piawai di hari konser nanti.