Advertise

Cara Mengatasi "Jet Lag" dalam Perjalanan Jauh

Jika Anda sering bepergian lintas benua yang memiliki perbedaan waktu jauh, seringkali menyebabkan kita bangun di saat orang-orang tidur dan sebaliknya. Beberapa gejala tak nyaman yang ditimbulkan akibat perjalanan antar zona waktu ini adalah: Kehilangan selera makan, suasana hati buruk, sampai kehilangan konsentrasi. Hal ini yang biasa kita sebut dengan "jet lag". Bagaimana cara mengatasinya? Simak beberapa tip berikut ini.


1. Perbanyak Minum Air Putih
Mungkin terdengar sepele. Namun hal ini penting. Ingatlah, keadaan udara di pesawat yang kering bisa membuat dehidrasi. Tubuh pun akan mengalami stres yang bisa memperburuk jet lag.

2. Jangan Minum Obat Tidur
Terkadang orang suka memaksakan istirahat di pesawat dengan meminum obat tidur. Padahal, efek sampingnya justru membuat lemas ketika bangun.

3. Berikan Satu Hari Istirahat
Begitu sampai di tempat tujuan, jangan langsung bekerja atau beraktivitas. Sisakan satu hari penuh untuk beristirahat. Bila perlu, tutup semua jendela agar ruangan temaram, agar Anda lebih nyaman beristirahat.

4. Olahraga Ringan
Bila Anda berada dalam perjalanan dan harus langsung beraktivitas, maka cobalah menyegarkan diri dengan memaparkan diri pada matahari dan latihan pemanasan ringan.