Advertise

Raksasa Kosmetik Dunia, L'OREAL, Bangun Pabrik Terbesar di Indonesia

Raksasa kosmetik dunia asal Prancis, L'Oreal, baru-baru ini meresmikan pabrik terbaru mereka di Bekasi, Jawa Barat, Indonesia. Label kosmetik yang dimiliki oleh Liliane Bettencourt, perempuan terkaya di Prancis, menyebutkan pabrik baru tersebut adalah pabrik mereka yang terbesar di dunia. Pabrik itu menempati lahan seluas 66 ribu meter persegi, dan akan memproduksi 200 juta unit dengan kapasitas terpasang hingga 300 juta unit.


Presiden Direktur PT L'Oreal Indonesia, Vismay Sharma, mengatakan pihaknya sedang berupaya untuk berkontribusi pada kinerja ekspor Indonesia melalui manufaktur produk kecantikan. Upaya tersebut melalui pembangunan pabrik baru L'Oreal di Bekasi dengan investasi sebesar EURO 100 juta atau setara dengan Rp 1,25 triliun.

"Sebesar 70 persen produksi kami akan didistribusikan di kawasan Asia Tenggara. Sementara itu, sisanya 30 persen untuk pemenuhan pasar domestik," ungkap Sharma.

Sementara Wakil Presiden Eksekutif L'Oreal untuk Asia Pasifik, Jochen Zauseil, menyebutkan Grup L'Oreal berambisi meraih 1 miliar konsumen baru dalam beberapa tahun mendatang. Sebanyak 650 juta konsumen di antaranya berada di kawasan Asia Pasifik.

Indonesia yang sangat kaya akan keanekaragaman tanaman, memang sangat cocok untuk industri yang berbahan baku tanaman. Ada 30.000 jenis tanaman obat, kosmetik, dan aromatik yang berada di bumi Indonesia. Tak salah jika Indonesia dipilih oleh L'Oreal sebagai pusat produksi mereka di dunia.