Advertise

"Lion Air" Borong Pesawat Airbus A320 di Prancis


Rusdi Kirana, CEO dan pemilik maskapai penerbangan Lion Air di Indonesia, baru saja meneken kontrak pembelian 234 pesawat Airbus A320 dengan perusahaan pembuat pesawat asal Prancis tersebut. Sebelumnya pada 2011 lalu, pria kelahiran 17 Agustus 1963 itu, juga memborong 230 pesawat Boeing 737 di Amerika Serikat.


Transaksi yang bernilai USD 23,8 miliar itu, dilakukan di Istana Kepresidenan Elysee di Paris, dan disaksikan langsung oleh Presiden Prancis, Francois Hollande.

Presiden Hollande dalam kesempatan itu memberikan apresiasi tinggi atas kerja sama bisnis antara Lion Air dan Airbus. "Ini kerja sama yang hebat. Indonesia adalah salah satu negara di dunia yang pertumbuhan ekonominya bagus," ungkap pemimpin yang menggantikan Nicolas Sarkozy.

"Tipe pesawat A320 ini hemat bahan bakar, sehingga memungkinkan Lion Air beroperasi dengan biaya rendah dan tetap menawarkan tarif paling kompetitif di Asia," jelas Rusdi tentang pembelian pesawat tersebut.

"Pemesanan bersejarah ini memastikan eksistensi Lion Air dengan armada pesawat paling modern dan canggih di dunia," lanjutnya.

Pesawat Airbus A320 sendiri adalah pesawat favorit dari berbagai maskapai di dunia. Pesawat tipe tersebut telah dipesan mencapai sekitar 9.400 unit, dan akan dikirim ke lebih dari 380 pengguna di berbagai penjuru dunia.