Advertise

Rusia, Negara Pertama yang Dikunjungi Xi Jinping

Presiden China, Xi Jinping, baru saja mengunjungi Moskow, Rusia. Kunjungan itu merupakan kunjungan pertamanya ke luar negeri sejak menjabat sebagai presiden China. Bersama istrinya, Peng Liyuan, mereka melawat selama tiga hari. Dalam upacara penyambutan di Kremlin, pemimpin Rusia Vladimir Putin dan Xi Jingping berdiri di samping bendera Rusia dan China ketika lagu kebangsaan kedua negara dikumandangkan.


Salah satu agenda di antaranya adalah menyaksikan penandatanganan kesepakatan kerja sama energi dan investasi, yakni pengiriman bahan bakar dari Rusia ke China. Rusia sendiri merupakan negara produsen energi terbesar dunia, sebaliknya China adalah negara pengonsumsi energi terbesar di dunia.

Selain itu, kedua negara secara bersama-sama ingin memperkuat pengaruh keuangan dan geopolitiknya di Asia untuk menghadapi Eropa dan Amerika Serikat, yang memiliki strategi "Poros Asia".

Kedua negara tersebut merupakan mitra strategis yang sama-sama sebagai anggota tetap Dewan Keamanan PBB. Mereka bekerja sama atas berbagai isu politik seperti soal konflik Suriah dan program nuklir Korea Utara.

Sementara itu, Jinping juga memiliki kepentingan untuk meningkatkan kerja sama dengan Rusia yang memiliki akar dalam ideologi komunis. "China dan Rusia adalah mitra utama dan sangat strategis," kata Jinping dalam sebuah wawancara dengan media Rusia. "Dalam banyak jalan, kami berbicara dalam bahasa umum," lanjutnya.

Presiden Vladimir Putin sendiri mengatakan, kemitraan Moskow-Beijing membantu kestabilan keamanan global dan membantu menciptakan ketertiban dunia yang lebih adil.