Advertise

Megawati Soekarnoputri Kunjungi Pulau Jeju

Mantan presiden Indonesia, Megawati Soekarnoputri, baru saja melakukan lawatan ke Korea Selatan selama enam hari. Kunjungan Megawati dan rombongan PDIP tersebut, adalah untuk memenuhi undangan dari The Chousnilbo, salah satu koran terbesar di Korea Selatan. Dalam lawatan itu, Mega dan rombongannya tidak melewatkan untuk mengunjungi Provinsi Jeju yang merupakan sister province dari Provinsi Bali.


Pada saat mengunjungi Pulau Jeju, Mega sempat menanyakan cara untuk mengatasi penyakit CVPD pada tanaman jeruk yang selama ini menjadi problem di kalangan petani jeruk di Indonesia. National Institute of Horticultural and Herbal Science segera menanggapinya dengan menyatakan kesediaan untuk mengirim tenaga ahli mereka ke Indonesia.

"Kalau kita yakin dan percaya dengan kemampuan bangsa sendiri, insya Allah kita tidak perlu mengimpor pangan lagi," ucap Mega.

Pulau Jeju sendiri adalah daerah yang memproduksi 70 persen dari total jeruk yang beredar di Korea Selatan. Pengembangan industri berbasis tanaman jeruk di provinsi paling selatan Korea Selatan itu, juga sangat luas dan beraneka-ragam.