Advertise

Sheikha Maitha Rashid Al Maktoum, Putri Dubai yang Sarat Prestasi

Perempuan yang merupakan putri dari Sheikh Mohammed, penguasa di Dubai itu, sering mencuri perhatian
masyarakat dunia lewat prestasinya di bidang olahraga. Ia adalah atlet polo, karate, dan taekwondo profesional dari Uni Emirat Arab. Ya, di balik sosoknya yang pendiam, rendah hati, dan jauh dari kesan glamor itu, ternyata tersimpan bakat besar dalam dunia olahraga. Baru-baru ini, ia baru saja memenangkan pertandingan polo bergengsi, Dubai Polo Challenge 2013.


Pada 2006 lalu, gadis yang menjadi idola di negaranya dan sering dijuluki "Karate Princess" itu, sukses membawa pulang medali emas dari ajang Asian Games di Doha. Atas prestasinya itu, Sheikha Maitha pun dianugerahi penghargaan Arab Athlete of the Year pada 2007, dan Best Female Arab Sportperson pada 2008.

Bagi kebanyakan perempuan di Arab, Sheikha Maitha juga adalah sosok yang sering menjadi panutan dan menginspirasi mereka. Karena, di tengah budaya Arab yang cenderung konservatif, ia muncul sebagai perempuan pertama yang mewakili Uni Emirat Arab dalam Olimpiade Beijing 2008 lewat cabang Taekwondo. Bahkan, setahun kemudian, ia berhasil menembus peringkat ketiga dunia dalam World Taekwondo Federation.