Advertise

Resep Klappertaart, Kue Khas dari Manado

Klappertaart dikenal sebagai kue khas Kota Manado, Indonesia. Kue ini berbahan dasar kelapa, tepung terigu, susu, mentega, dan telur. Resep adonan tersebut merupakan pengaruh saat pendudukan Belanda di Manado. Kue ini paling nikmat bila disantap dalam keadaan dingin, jadi tidak boleh dibiarkan terlalu lama di luar pendingin. Beberapa jenis klappertaart juga disukai oleh kalangan yang sedang berdiet, sebab mengandung rendah kalori. Berikut adalah resep membuat kue yang lezat ini.


BAHAN:
15 bh kelapa muda, 100 gr tepung terigu, 100 ml air, 1200 ml susu cair, 15 sdt susu kental manis, 1/4 sdt vanili, 100 gr margarin, 125 gr mentega, 150 gr gula, 6 bh kuning telur, 2 bh putih telur, 250 ml rhum.

TOPPING:
Bubuk kayu manis secukupnya, 100 gr kenari (disangrai dan dicincang), 100 gr kismis (direndam air panas sebentar dan ditiriskan).

CARA MEMBUAT:
Kerok kelapa muda dengan sendok secara hati-hati, jangan sampai kulit ari ikut terkerok, lalu disisihkan. Campurkan tepung terigu dengan 100 ml air hingga larut. Kemudian campur semua bahan kecuali rhum ke dalam panci. Nyalakan kompor dengan api kecil, lalu aduk-aduk adonan hingga tercampur rata. Tunggu sampai fase mendidih awal, yaitu ketika adonan telah meletup pertama kali, lalu matikan api. Aduk-aduk dengan lembut dan konstan hingga dingin, lalu tambahkan rhum. Kemudian diaduk hingga merata. Tuangkan klappertaart dalam cup-cup ice cream. Beri taburan topping sesuai selera. Masukkan ke dalam kulkas. Kemudian sajikan dalam keadaan dingin.

TIPS dan TRIK:
1. Kunci keberhasilan agar klappertaart tetap lembut dan tidak pecah adalah pada pengadukannya yang lembut dan konstan satu arah. Misalnya searah jarum jam. Hindari adukan bolak-balik.

2. Setelah letupan pertama muncul, segera matikan api. Fungsinya sama agar adonan tidak pecah.

3. Pilih kelapa muda yang benar-benar muda tapi sudah berdaging.

4. Agar topping bubuk kayu manis rapi, letakkan bubuk kayu manis di atas saringan kecil dengan lubang lembut. Taburkan sedikit saja agar klappertaart tak terlalu pahit.