Advertise

Resep Membuat Onde-Onde, Kue Tradisional Indonesia

Indonesia sangat kaya dengan camilan tradisionalnya. Salah satu yang paling terkenal adalah onde-onde. Onde-onde berasal dari negeri Tiongkok yang kepopulerannya dibawa oleh para pedagang dan perantau yang kemudian menetap di Indonesia. Di Indonesia sendiri, onde-onde sangat dikenal di Kota Mojokerto. Sehingga kota yang satu ini berjulukan "Kota Onde-Onde".


Onde-onde terkenal dengan isinya yang renyah dan gurih bercampur rasa manis kacang hijau di dalamnya. Apalagi saat dimakan hangat-hangat memang bikin ketagihan. Berikut ini ada resep membuat onde-onde yang renyah dan gurih.

Bahan Isi
250 gr kacang hijau kupas, 200 gr gula putih, 1/2 sdt vanili, 1/2 sdt garam, 2 lembar daun pandan, 100 ml air

Bahan Kulit
400 gr tepung ketan, 50 gr tepung beras, 1/2 sdt garam, 1/2 sdt vanili, 50 gr gula putih, 2 buah kuning telur, 320 ml air hangat, 150 gr wijen putih, air secukupnya (untuk mencelup), minyak goreng secukupnya

CARA MEMBUAT
Isi
Rendam kacang hijau selama 2 jam. Kukus hingga matang, dan angkat. Langsung dihaluskan. Campur dengan gula putih, vanili, garam, daun pandan, dan air. Kemudian masak dengan api kecil sambil terus diaduk.

Kulit
Campur tepung ketan, tepung beras, garam, vanili, gula putih, dan kemudian tambahkan telur, lalu aduk hingga rata. Tuangkan air hangat sedikit-sedikit sambil diuleni hingga adonan licin dan tidak lengket.

Ambil 1 sdm adonan, lalu pipihkan. Beri adonan dengan isi secukupnya, lalu dibentuk bulat. Celupkan ke dalam air, lalu gulingkan ke dalam wijen. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis. Goreng onde-onde di atas api kecil hingga kuning kecokelatan.