Advertise

Make-Up menurut Penata Rias Kondang Dunia

Jangan berkecil hati kalau ada kekurangan kecil pada wajah Anda. Simak tips dari para penata rias kondang dunia untuk mengubah bagian wajah yang kurang sempurna menjadi daya tarik Anda!


BIBIR TIPIS
Kesalahan yang paling sering dilakukan adalah terlalu banyak mengubah garis natural bibir dengan lip pencil. Coba saran dari make-up artist, Lucienne Zammit. Garislah tepi bibir dengan lip liner berwarna coffee. Lalu warnai bibir dari sudut hingga seperempat bagian ke arah dalam dengan pensil yang sama. Setelah itu ulaskan lipstik yang dua warna lebih terang dari lip liner ke seluruh bibir. Cara ini membuat bibir kelihatan lebih tebal karena adanya efek perspektif.

DAHI LEBAR
Jillian Fink-Dempsey, make-up artist yang menciptakan Delux Beauty punya trik sederhana untuk mengatasi masalah yang satu ini. Setelah wajah selesai dirias, baurkan glistener berwarna bronze yang sedikit tua dari warna kulit, sekitar 1 cm di tepi garis rambut. "Cara ini membuat 'bayangan' pada bagian atas, dan memberi kesan dahi tak terlalu lebar," ujar Fink-Dempsey.

MATA BERDEKATAN
Scott Andrews, make-up artist yang biasanya merias Christina Aguilera memberikan 3 tips. Hindari eye liner berwarna gelap pada sudut dalam mata, tonjolkan warna di sudut luar, dan gunakan gloss atau iridescent eye shadow pada kelopak serta sudut dalam mata. "Warna-warna terang sangat disarankan, karena memberi kesan mata berjauhan," paparnya.

PIPI TEMBAM
Pipi yang tembam makin menonjolkan bentuk wajah yang bulat. Make-up artist Moyra Mulholland menyarankan penggunaan warna terang pada tulang pipi sebagai trik visual untuk mengurangi kesan lebar. Ulaskan blush on berwarna rose pada tulang pipi, lalu baurkan berulang kali dengan kuas hingga tulang pipi tampak menonjol.

WAJAH TIRUS
"Hindari membuat kontur dengan blush on. Karena akan membuat wajah terlihat makin panjang. Dan bila ingin membubuhkan warna, lebih baik ulaskan blush on pada tulang pipi," ujar make-up artist Scott Andrew. "Warna terang seperti rose pada tulang pipi akan menarik perhatian pada bagian tengah wajah, sehingga terlihat lebih proporsional. Pemakaian blush on di bawah tulang pipi justru membuat wajah kelihatan lebih panjang," sarannya.

MATA CEKUNG
Untuk mata cekung, Jose Parron, make-up director Barneys di New York, menyarankan 3 elemen riasan. "Alis yang terbentuk rapi, make-up tipis, serta garis bulu mata yang tegas akan membuat mata terlihat lebih menonjol," ujarnya. Ia menyarankan pemakaian eye shadow berwarna terang yang tak mudah luntur serta maskara berkualitas baik dan tidak menggumpal.

MATA KECIL
Langkah awal untuk problem ini adalah menghindari penggunaan eye liner berwarna hitam, karena membuat mata makin terlihat kecil. Make-up artist Lucienne Zammit menyarankan tidak menggunakan eye liner berbentuk solid, tapi yang berbentuk double eye crayon. "Saya buat titik-titik sepanjang garis mata bagian atas dan bawah. Garis mata akan terlihat, tapi tak membuat mata tampak kecil," ujarnya.

NODA PADA WAJAH
Menyembunyikan noda dengan foundation membuat penampilan terlihat seperti memakai topeng. Make-up artist asal Los Angeles, Beth Katz, justru menyarankan riasan yang alami dan natural. "Gunakan sheer liquid foundation yang meratakan warna kulit tapi tak menyembunyikan warna natural kulit Anda," sarannya.