Advertise

Tip dan Cara Membeli Kamera Digital

Berbagai merk dan jenis kamera digital beredar di pasaran, mulai dari yang murah sampai puluhan juta rupiah. Berikut ini ada beberapa tip bagi Anda yang ingin membeli kamera digital yang sesuai dengan kebutuhan.


1. Kenali Kebutuhan
Cari info mengenai berbagai fitur kamera digital dengan membaca review di majalah maupun situs khusus. Atau, Anda dapat berdiskusi dengan teman lewat forum khusus pengguna kamera digital.

2. Mega Pixel (MP)
Jangan terjebak dengan iklan mega pixel yang didengungkan produsen kamera. Mega pixel menunjukkan banyak pixel per inci dalam sebuah foto. Pada kamera digital 3,2 MP terdapat 3,2 juta pixel dalam setiap inci foto yang dihasilkan. Besar MP mempengaruhi besar ukuran foto yang dapat dicetak secara baik. Foto hasil jepretan kamera 2 MP dapat dicetak sampai dengan ukuran 6R, sedangkan hasil foto kamera 3 MP bisa dicetak sampai 10R.

3. Fasilitas Lain
Seperti kamera non digital, Anda harus memperhatikan kecepatan fokus, terutama dalam keadaan minim cahaya, dan kekuatan zoom kamera (optical zoom dan digital zoom). Perhatikan juga kemampuan kamera merekam suara dan gambar, karena banyak produsen yang memberi fasilitas video hanya sekadar mengikuti tren. Bagaimanapun juga, hasil rekaman tersebut tidak akan sebaik kamera video khusus. Selain itu, fasilitas cetak langsung atau pict bridge yang dimiliki kamera juga mengasyikkan karena Anda dapat mencetak hasil jepretan sendiri dengan printer di rumah.

4. Coba Sebelum Membeli
Jangan ragu untuk mencoba tombol-tombol yang dimiliki kamera incaran Anda. Cobalah memotret dengan kamera itu untuk merasakan kenyamanan jari Anda saat menekan tombol rana (shutter release), dan lihat hasilnya. Kamera digital cenderung memiliki shutter lag, yaitu jeda antara saat Anda menekan tombol rana dengan gambar yang tertangkap sensor. Jika jeda tersebut tak terlalu lama, sah-sah saja Anda membeli kamera tersebut.