Advertise

Kota-kota Tujuan Wisata Teratas di Asia dan Pasifik

Jakarta berhasil masuk dalam daftar 10 kota tujuan wisata dengan pengunjung terbanyak di Asia dan Pasifik tahun 2012. Daftar itu dibuat menurut riset MasterCard Global Destination Cities Index. Lantas, kota-kota apa saja yang masuk dalam daftar itu? Simak artikel di bawah ini.


Penelitian itu dilakukan dengan memasukan informasi seputar penerbangan dan kapasitas penerbangan yang diterbitkan OAG Global, penyedia data penerbangan internasional, kemudian juga data Trade in Service milik PBB.

Berdasarkan jumlah pengunjung internasional 2011-2012, Jakarta menempati urutan ke-10 dengan 2,8 juta pengunjung. Pesaing terdekat adalah Tokyo yang berada di urutan ke-9 dengan 4,3 juta pengunjung.

Yang menarik justru di peringkat-peringkat teratas, di mana tiga dari empat negara urutan teratas berasal dari kawasan Asia Tenggara, yaitu Bangkok, peringkat pertama dengan 12,2 juta pengunjung, lalu Singapura, peringkat kedua dengan 11,8 juta pengunjung, disusul Hong Kong, peringkat ketiga dengan 11,1 juta pengunjung, sedangkan peringkat keempat ditempati Kuala Lumpur, dengan 8,1 juta pengunjung.

Beberapa faktor yang menyebabkan Jakarta belum bisa masuk di peringkat-peringkat teratas adalah: situasi keamanan, lemahnya sektor pariwisata dalam pengembangan tempat wisata menarik, juga kurangnya promosi pariwisata di luar negeri. Semoga saja ada langkah-langkah pembenahan dari pemerintah, agar di tahun-tahun berikutnya Jakarta bisa masuk di jajaran peringkat teratas.