Advertise

Yam Mamuang, Salad Khas dari Thailand


Yam Mamuang adalah salad khas Thailand yang tak hanya mudah dibuat, tapi juga sehat. Anda tak perlu menghabiskan banyak uang untuk membuat salad "Negeri Gajah Putih" ini. Berikut resep membuat salad tersebut.


BAHAN:
1 buah mangga muda, 4 lembar selada air, 1 sdm gula jawa, 1 sdm kecap ikan, 1 butir bawang merah, cabai rawit sesuai selera, 1 sdm kacang tanah, 1 buah cabai merah besar, 1 potong lemon, kacang mete secukupnya.

CARA MEMBUAT:
Cairkan gula jawa, masukkan kecap ikan, aduk hingga mengental. Tambahkan cabai cincang, kacang tanah yang telah dihaluskan, serta bawang merah yang diiris tipis, kemudian aduk kembali hingga merata. Di piring terpisah, letakkan selada air hingga menutupi seluruh bagian piring, lalu tumpuk dengan parutan mangga muda di atasnya. Ingat, mangga muda tersebut harus yang rasanya masih asam dan bertekstur sedikit keras. Setelah itu, tuangkan saus yang telah Anda buat tadi di atasnya, lalu aduk sempurna hingga semua merata. Sebagai pemanis, buat bunga penghias dari cabai merah besar untuk diletakkan di tepi piring. Tambahkan pula kacang mete dan perasan lemon agar rasanya makin banyak.