Advertise

Taman Laut BUNAKEN, Surga Diving di Indonesia

Pulau Bunaken merupakan bagian dari Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara. Jaraknya yang hanya sekitar 1,5 km dari pusat Kota Manado membuat objek wisata itu mudah untuk dikunjungi. Banyak angkutan umum yang siap mengantarkan Anda menuju lokasi kepulauan yang indah itu.


Secara keseluruhan, Kepulauan Bunaken meliputi area seluas 75.265 hektare dan terdiri atas lima pulau utama, yaitu Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage, dan Pulau Naen. Dari kelima pulau itu, Pulau Bunaken adalah yang paling terkenal.

Yang menjadi daya tarik utama dari Pulau Bunaken yang memiliki luas sekitar 8 km2 adalah perairan di sekitarnya yang memiliki kekayaan laut yang mengagumkan. Perairan tersebut dihuni oleh sekitar 3.000 spesies ikan dan beraneka ragam terumbu karang yang indah. Kekayaan ini tentu saja merupakan surga bagi wisatawan yang ingin diving.

Ada sekitar 40 titik penyelaman yang bisa Anda coba di kawasan Pulau Bunaken. Di kedalaman tertentu, Anda dapat menyaksikan keindahan bawah laut yang mempesona berupa terumbu karang yang cantik, ikan yang berwarna-warni, serta dinding-dinding karang raksasa yang menjadi tempat hidup bagi ikan-ikan.

Pesona lain dari Pulau Bunaken yang bisa dinikmati adalah indahnya matahari tenggelam. Anda bisa menikmatinya sambil duduk-duduk bersantai di pinggir pantai. Selain itu, Anda juga bisa menyantap sajian kuliner khas Manado di restoran yang banyak terdapat di sekitar objek wisata ini.

Sebagai objek wisata terkenal di Indonesia, tentu Pulau Bunaken memiliki fasilitas dan akomodasi yang sangat memadai. Jika Anda ingin bermalam alias menginap, ada banyak pilihan hotel yang bisa disesuaikan dengan budget Anda. Sebelum pulang, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh, karena di sekitar lokasi itu terdapat kios-kios souvenir yang menjual beraneka ragam oleh-oleh khas mereka.