Advertise

Aksi PSY dan "Gangnam Style" yang Fenomenal

Kesuksesan fenomenal dalam sekejap dari lagu Korea Selatan, Gangnam Style, yang dinyanyikan oleh rapper mereka, Park Jae Sang atau yang lebih dikenal dengan PSY, seakan membuat orang-orang tidak percaya. Selain sukses dengan musik, Gangnam Style juga sukses secara gaya. Lagu tersebut kini menempati peringkat kedua di daftar tangga lagu internasional Billboard 100.


Lagu yang dirilis pada 15 Juli 2012 oleh label YG Entertainment itu, secara umum banyak mendapat pujian dari para kritikus karena ritme humornya yang catchy serta gerakan PSY yang unik, ibarat orang menunggang kuda. Sejak dirilis, Gangnam Style langsung memuncaki tangga lagu di Korea Selatan, Gaon Chart. Selain itu, Gangnam Style juga menjadi video K-Pop yang paling banyak ditonton di YouTube.

Gangnam Style sendiri merupakan istilah yang digunakan oleh warga Korea Selatan untuk menggambarkan gaya hidup mewah di Distrik Gangnam, sebuah kawasan yang makmur dan elit di Seoul yang terkenal sebagai area tempat tinggal selebriti, publik figur, maupun para orang terkenal lainnya.

Pada awalnya, lagu ini hanya diketahui oleh para penggemar K-Pop saja. Namun, para penggemar K-Pop kemudian mulai berbagi dan saling menyebarkan di situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Tidak berapa lama kemudian, akhirnya para pengguna internet di luar penggemar K-Pop, mulai mengetahui lagu ini. Bahkan, para selebriti dunia juga ikut-ikutan menyebarkan tentang Gangnam Style, yang akhirnya memicu efek bola salju.

Belum genap satu bulan saja, lagu ini pun sukses menjadi hit di seluruh dunia, dan menjadi perhatian dari media-media internasional. Pada tanggal 4 Agustus, The Los Angeles Times pernah menulis bahwa popularitas Gangnam Style ini "tak terbendung dan telah mengambil alih dunia". Pada minggu terakhir Agustus, majalah Billboard melaporkan bahwa posisi lagu ini naik delapan peringkat dalam tangga lagu Billboard Social 50.

Kesuksesan Gangnam Style tak hanya berhenti di situ saja, akhirnya video ini berhasil memecahkan rekor Guinness World Records sebagai video YouTube yang mengumpulkan jumlah "like" terbanyak. Hingga kini jumlah "like" yang diterima Gangnam Style telah mencapai lebih dari 2,6 juta. Selain itu, video berdurasi 4 menit 13 detik tersebut telah ditonton lebih dari 260 juta kali.

PSY sendiri terlahir dari sebuah keluarga kaya di kawasan Gangnam. Pria 34 tahun yang telah memiliki dua anak ini sempat mengenyam pendidikan di Boston University dan Berklee College of Music di Amerika Serikat. Bila nanti videonya menjadi jawara di Billboard 100, PSY punya nazar. "Saya akan menari topless di depan umum. Di tempat yang bisa dilihat banyak orang," ungkapnya.

Setelah kesuksesan Gangnam Style, PSY tak mau berpuas diri. Menurut rencananya, dia ingin merilis album baru yang merupakan kompilasi dari hit-hit-nya di Korea. Lagu-lagu tersebut akan dinyanyikan dalam bahasa Inggris. "Saya tak ingin hanya dilihat sebagai pria Korea aneh yang menari seperti orang naik kuda saja. Tapi sebagai seorang penyanyi Korea yang mampu dan bisa menghibur terus," bebernya.