Advertise

Kisah Sukses dan Berdirinya Tupperware

Pendiri Tupperware, Earl Silas Tupper, boleh saja menemukan wadah makan plastik yang revolusioner. Tapi si perfeksionis dari Inggris ini, tidak tahu bagaimana cara menjualnya.


Hari-hari pertama Tupperware, jauh sekali dari penjualan tahunan saat ini yang mencapai 1,7 miliar dolar AS.

Tupperware pertama kali dipasarkan pada tahun 1946, dan tidak terjual dengan baik. Kemudian datanglah Brownie Wise, seorang janda dari Georgia, seorang wanita manis yang dinamis dengan senyuman menawan. Dia sangat tertarik pada Tupperware, dan menemukan cara bagaimana menjualnya.

Menurut Wise, kelebihan Tupper harus dijelaskan kepada kaum wanita. Bagaimana Tupperware memelihara kesegaran makanan, dan bagaimana penutupnya mengunci makanan dengan baik. Akhirnya Wise melakukan penjualan yang hebat dengan metode penjualan langsung.

Walaupun Wise dan Tupper tidak selalu sependapat, Wise diangkat menjadi kepala penjualan, dan mulai membangun sebuah armada wanita penjual Tupperware. Pada 1954, penjualan Tupperware telah mencapai 25 juta dolar AS, dan ada 20.000 penjual Tupperware di AS. Wise menjadi tersohor dan ia menjadi wanita pertama yang wajahnya menjadi cover majalah Business Week.

Wise terus mengembangkan armada penjualan. Ia mengembangkan pesona para wanita penjual Tupperware. Wanita Tupperware selalu menggunakan pantyhose dan sepatu hak tinggi dengan rambut yang tertata rapi. Dia juga memulai tradisi "Walk of Fame" untuk memberi penghormatan kepada para penjual terbaik, dan menawarkan hadiah-hadiah mewah kepada mereka.

Kesuksesan Wise membuat Tupper kurang senang. Tupper ingin "lampu sorot" diarahkan kepada produknya, dan ia kesal karena Wise mengambil semua pujian atas kesuksesan perusahaannya.

Pada 1958, Tupper memecat Wise setelah mereka terus-terusan bertengkar. Walaupun Tupperware memiliki penjualan lebih dari 100 juta dolar AS, Wise pergi dengan uang pesangon hanya 35.000 dolar AS saja, dan tanpa sedikit pun saham.

Pada akhirnya, Tupper menjual perusahaan itu seharga 16 juta dolar AS pada Rexall. Tupper sendiri meninggal pada 1983, sedangkan Wise pada 1992.

Saat ini, ada lebih dari 1,9 juta perwakilan Tupperware di 100 negara. Tupperware membuka kios-kios di pusat perbelanjaan, dan ada juga yang dilakukan secara online. Namun, teori penjualan langsung Wise masih berlaku dan dipakai hingga kini.