Advertise

10 Atlet Olimpiade Paling Top Sepanjang Masa

1. Michael Phelps
Fenomena olimpiade yang mampu membuat seorang atlet mengeluarkan seluruh kemampuannya, bahkan lebih, bukanlah bualan belaka. Michael Phelps adalah bukti atlet tersebut yang mampu memecahkan 30 rekor dunia. Ia juga merupakan peraih medali emas terbanyak olimpiade hingga kini.

2. Paavo Nurmi
Ia populer sebagai salah satu flying finns dan dianggap sebagai atlet jarak jauh dan menengah tercepat di tahun 1920-an. Ia mampu meraih 9 medali emas dan 3 medali perak dalam tiga olimpiade yang diikutinya, yaitu Olimpiade 1920, 1924, dan 1928.

3. Larissa Latynina
Larissa adalah pesenam wanita asal Ukraina yang dulu membela Uni Soviet. Ia adalah salah satu atlet olimpiade yang mampu meraih medali emas terbanyak dalam sejarah olimpiade modern.

4. Mark Spitz
Ia meraih gelar Swimmer of the Year tahun 1969. Ia berpartisipasi dalam dua kejuaraan olimpiade. Mark Spitz adalah pemegang rekor medali emas terbanyak yang mampu diraih dalam satu olimpiade dengan tujuh medali emas, sebelum dipecahkan oleh Michael Phelps.

5. Carl Lewis
Carl Lewis dianggap sebagai atlet olimpiade terbesar dalam sejarah olimpiade modern. Dia berkompetisi di berbagai nomor cabang atletik. Carl Lewis mampu meraih total 9 medali emas dan 1 medali perak di empat kejuaraan Olimpiade yang pernah diikutinya.

6. Bjorn Daehlie
Bjorn Daehlie adalah atlet olimpiade musim dingin asal Norwegia. Dia dianggap oleh berbagai kalangan sebagai atlet ski cross country terbesar sepanjang masa.

7. Sawao Kato
Sawao Kato adalah satu-satunya atlet Asia dalam daftar ini. Dia dianggap oleh berbagai kalangan sebagai atlet Jepang yang paling sukses sepanjang masa. Sawao Kato juga dianggap sebagai pesenam paling sukses dalam sejarah olimpiade modern.

8. Birgit Fischer
Birgit Fischer adalah satu-satunya atlet dalam daftar yang telah berkompetisi di total enam olimpiade. Ia telah memenangkan banyak medali emas dan 4 medali perak untuk periode olimpiade 1980-2004.

9. Jenny Thompson
Perenang wanita asal Amerika Serikat ini adalah perenang wanita yang paling banyak meraih medali emas di olimpiade modern.

10. Matt Biondi
Matt Biondi mengikuti jejak para perenang pendahulunya asal Amerika Serikat yang telah meraih banyak medali emas. Ia meraih 8 medali emas, 2 medali perak, dan 1 medali perunggu dari olimpiade 1984, 1988, dan 1992.