Advertise

Keunikan Kain Batik Papua, Indonesia

Kain batik adalah kekayaan budaya Indonesia yang telah diakui dunia internasional. Salah satunya adalah kain batik Papua. Keunikan batik dari daerah paling timur di Indonesia itu, menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang untuk memilikinya, baik untuk acara formal, koleksi, maupun santai.


Pada dasarnya, filosofi yang terkandung dalam batik Papua tidaklah berbeda dengan daerah lainnya. Keunikan batik Papua hanya terletak pada keberanian menggunakan warna-warna terang dan motif-motif yang mengadaptasi simbol-simbol etnik khas adat Papua.

Beberapa motif batik Papua yang terkenal adalah burung cendrawasih yang melambangkan kemakmuran, ikan dan burung camar yang melambangkan kebersamaan, tifa (alat musik tradisional Papua), dan noken (tas tradisional Papua).

Harga dari batik-batik tersebut adalah beragam, tergantung dari tingkat kesulitan dan bahan yang digunakan untuk membuatnya. Untuk pasar lokal, harga batik Papua berkisar antara Rp 150 ribu sampai dengan Rp 300 ribu. Biasanya untuk pesanan khusus, harganya bisa mencapai jutaan rupiah.