Advertise

TONY FERNANDES, Rajanya Bisnis Low Cost

Tony Fernandes dikenal sebagai bos atau CEO dari low cost carrier AirAsia dan low cost hotel Tune Hotels. Setelah sukses dengan AirAsia dan Tune Hotels, pengusaha sukses Malaysia itu, mulai merambah dunia otomotif dengan merencanakan untuk meluncurkan mobil sport dengan harga terjangkau. Tidak hanya itu saja, pria kelahiran Kuala Lumpur, 30 April 1964 itu, juga lagi menyiapkan konsep bisnis rumah sakit yang berbiaya murah.


Dalam proyek sports car itu, Tony berkolaborasi dengan Caterham, perusahaan otomotif di Inggris yang juga memiliki tim Formula 1. "Kami akan membuat lifestyle sports car, namun harganya akan dibuat terjangkau oleh banyak orang," tegasnya di Paris. Dalam mega proyek ini, Caterham yang dulunya bernama Lotus, juga menggandeng Renault, salah satu raksasa otomotif yang bermarkas di Prancis. "Saya sangat excited. Rasanya seperti saat memulai AirAsia pada 2001," ungkap Tony dengan penuh semangat.

Sementara CEO Renault, Carlos Ghosn, menegaskan kalau mobil sport itu akan masuk ke segmen pasar baru yang belum tersentuh produsen mobil lainnya. "Mobil sport ini akan membawa DNA Alpine," ujarnya. "Saat ini pasar mobil sport global sampai 700 ribu per tahun. Jika kami masuk dengan harga terjangkau, pasarnya akan membesar," lanjutnya dengan optimis.

Menurut rencana, produksi mobil sport tersebut akan dimulai pada Januari 2013, dan diperkirakan mobil sport itu baru akan dijual ke pasaran pada tahun 2015.

Untuk low cost hospital, Chairman dari klub sepak bola Inggris, Queens Park Rangers (QPR) itu, menegaskan belum memutuskan lokasi dari proyek itu.