Advertise

VENUS, Yacht Pribadi Mendiang STEVE JOBS

Setelah sekitar satu tahun meninggal, salah satu impian terbesar Steve Jobs akhirnya terwujud. Ya, Feadship, perusahaan pembuat kapal pribadi terkemuka yang bermarkas di Aalsmeer, Belanda, berhasil menyelesaikan pesanan dari mendiang bos Apple itu, pada akhir Oktober lalu. Yacht supermewah itu, diberi nama Venus, yang akan diserahkan ke keluarga Jobs.


Saat meninggal pada 5 Oktober tahun lalu akibat kanker pankreas, yacht sepanjang 78 meter itu baru selesai setengahnya. Tetapi sejak awal, pria hebat berdarah Syria itu menekankan proses pembuatan kapal tersebut harus tetap jalan.

"Saya tahu ada kemungkinan saya meninggal dan meninggali Laurene, kapalnya baru selesai separo. Tetapi, saya harus terus berusaha mewujudkannya. Kalau tidak, itu sama saja dengan mengumumkan bahwa saya akan meninggal," ungkap Jobs kepada penulis biografinya, Walter Isaacson.

Untuk urusan desain interior dari yacht itu, Jobs menunjuk Philippe Starck, desainer dari toko Apple. Tidak heran kalau Daily Mail menyebut Venus ibarat toko Apple yang mengapung di atas air.

Kapal yang biaya pembuatannya dirahasiakan itu, tentu saja dilengkapi peralatan serba canggih. Salah satunya adalah ada tujuh komputer iMac dengan ukuran masing-masing 27 inci.


Keluarga Jobs sangat mengapresiasi kerja keras semua pihak yang terlibat dalam proses pembuatan Venus. Untuk itu, setiap kru dihadiahi iPod Shuffle mp3 yang dilengkapi kartu ucapan berisi pernyataan terima kasih.

Selain Steve Jobs, sejumlah orang superkaya dunia juga pernah memesan yacht mewah ke perusahaan asal Belanda yang memiliki reputasi baik itu. Di antaranya, Paul Allen, salah satu pendiri Microsoft, dan John W. Henry, pemilik klub sepak bola Liverpool.