Advertise

Cara-cara Jabatan Tangan di Mancanegara

Jika berkunjung ke mancanegara dan hendak berjabat tangan, tak ada salahnya Anda mengetahui cara dan kebiasaan berjabat tangan di negara tersebut, karena tiap-tiap negara mempunyai cara dan kebiasaan yang berbeda. Berikut cara dan kebiasaan berjabat tangan di berbagai negara.


1. Jerman
Berikan jabat tangan yang kuat dan cepat, lalu langsung ke pokok pembicaraan.

2. China
Bungkukkan bahu Anda seperti memberikan anggukan kecil, lalu siapkan untuk memberi jabat tangan yang jauh dan lembut.

3. Jepang
Menunduk dari pinggang dengan tangan di kedua sisi. Bawahan harus membungkuk lebih rendah dan lama untuk menunjukkan penghormatan. Bila Anda atasannya, berikan salam secukupnya.

4. Prancis
Anda akan mendapat pandangan dari atas ke bawah, baik secara terselubung atau terang-terangan. Jabat tangan ala Prancis cepat tapi lemah. Ciuman sosial (les bises) adalah hal yang sudah biasa dilakukan, tapi tidak wajib di pertemuan pertama. Biarkan wanita yang mendahului salam seperti ini. Pipi bersentuhan, tapi yang dicium adalah udara.

5. Italia
Jabat tangan di negara ini ramah dan mantap. Orang Italia sangat sadar fashion, mereka berpakaian baik dan konservatif. Mereka akan diam-diam memperhatikan sepatu atau jam tangan Anda yang bagus. Namun, perhiasan berlebihan akan dianggap norak.

6. Arab Saudi
Bersiaplah untuk jabat tangan yang halus tapi lama, tanpa gerakan naik-turun. Orang Arab yang berbeda jenis kelamin tidak akan berjabat tangan.

7. Brasil
Jabatan tangan di Brasil lebih lama 2-3 detik dibandingkan di Amerika Serikat. Dan mereka cenderung berdiri berdekatan sekitar 17-20 cm. Mereka tidak sungkan berpelukan. Bila Anda mempunyai hubungan yang dekat, mungkin bisa mendapat ciuman di pipi.

8. India
Tumpukkan tangan Anda di depan dada seperti sedang berdoa, menunduk sedikit, dan katakan "namaste". Mereka akan memanjangkan tangan sebagai tanda ingin berjabat.