Advertise

Teknologi Baru Membuat Model Janin 3D

Kemajuan teknologi akan sesuatu yang baru semakin menakjubkan. Setelah sebelumnya banyak pasangan muda memiliki hobi membawa pulang foto janin dengan kualitas grainy hitam-putih, baru-baru ini sebuah perusahaan asal Jepang, Fasotec, yang bekerja sama dengan Klinik Parkside Hiroo, melakukan inovasi terbaru dengan menawarkan jasa membuat model janin 3D yang terdapat di dalam rahim dengan menggunakan teknologi cetak tiga dimensi.


Dengan menggunakan metode layaknya scan MRI, data hasil pemindaian dikonversi oleh teknologi Bio-Texture menghasilkan gambar tiga dimensi. Sebuah printer 3D kemudian menggarap gambar tiga dimensi itu dengan memakai dua bahan resin yang memiliki dua warna berbeda. Hasilnya adalah janin 3D yang berwarna putih susu dan dikelilingi oleh selaput jaringan dari sang ibu yang berwarna transparan.

Perusahaan Fasotec tak hanya membuat model janin 3D saja, tapi juga menggarap untuk membuat organ tubuh lainnya secara tiga dimensi, yang bisa digunakan untuk pelatihan calon dokter.