Advertise

Cara Sehat Menikmati Kopi


Kopi saat ini, sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat dunia. Kopi jelas bisa membuat seseorang kecanduan. Ini akibat pengaruh kafein yang dapat merangsang susunan syaraf pusat di otak, sistem pernapasan, pembuluh darah, dan jantung. Zat ini yang disebut-sebut berbahaya bagi peminumnya, jika berlebihan. Berikut ada beberapa tip sehat menikmati kopi.


1. Atur Dosis
Banyak penelitian mengungkapkan bahwa dosis aman meminum kopi adalah sekitar 1-2 cangkir sehari untuk orang sehat. Jika minum lebih dari jumlah tersebut, maka kafein akan meningkatkan tekanan darah Anda.


2. Kenali Daya Tahan Tubuh
Setiap orang memiliki daya tahan tubuh berbeda. Anda harus mengenali saat-saat seperti apa harus berhenti minum kopi. Misalnya ketika jantung berdebar, gelisah, emosional, dan sulit tidur. Anda harus belajar untuk mengurangi dosis kopi juga pada saat tubuh terasa tidak sehat.


3. Perhatikan Kafein pada Produk Lain
Kafein juga terdapat dalam produk lain, seperti minuman penyegar, permen kopi, softdrink, dan coklat. Percuma saja sudah menjaga dosis kopi jika tetap mengkonsumsi produk lain yang mengandung kafein.


4. Pahami Cara Pengolahan
Cara pengolahan ternyata juga berpengaruh terhadap kandungan kafein dalam kopi. Sebuah penelitian menunjukkan perbedaan kandungan kafein yang cukup signifikan pada secangkir kopi di dua outlet yang berbeda.


5. Mencampur Kopi
Anda akan kehilangan beberapa milligram kalsium setiap meminum kopi. Namun kehilangan kalsium ini dapat diatasi dengan menambahkan 2 sendok susu. Mencampurkan kopi dengan cream sebaiknya dihindari untuk mengurangi kalori.


6. Kelompok Anti-Kopi
Bagi wanita hamil, orang tua, anak-anak, penderita penyakit jantung, hipertensi, dan kolesterol tinggi, sebaiknya lupakan saja untuk minum kopi.