Advertise

Sugar Glider, Hewan Mungil yang Jadi Tren Selebriti Dunia

Jika sebelumnya para pencinta binatang banyak yang memelihara anjing jenis tertentu, kucing trah tertentu, atau ikan spesies tertentu, kini tren hewan peliharaan mengarah pada sugar glider (possum layang). Hewan mungil asal Papua, Indonesia ini, termasuk dalam jenis mamalia berkantong yang masih satu keluarga besar dengan kanguru. Hewan lucu yang bisa melayang itu, ternyata mampu menarik banyak perhatian para pencinta hewan, termasuk selebriti dunia sekelas Paris Hilton yang pernah berfoto bersama dengannya.


Sugar glider tergolong dalam hewan nokturnal (aktif pada malam hari). Ia mendapatkan namanya itu, karena kegemarannya akan makanan-makanan yang manis, seperti gula dan madu. Hewan ini juga mempunyai selaput seperti sayap yang digunakannya untuk meluncur atau melayang.

Jika Anda berniat memelihara sugar glider, kesabaran adalah kunci utamanya. Anda harus rajin berinteraksi dengannya agar ia mengenal Anda dan akhirnya jinak. Maklum, hewan ini sebenarnya adalah hewan liar karena habitat aslinya adalah di alam bebas.

Karena lucu dan mungil (12-15 cm), orang-orang kerap membawanya ke mana-mana. Ada yang membawanya di dalam tas, di dalam cangkir kopi, atau bisa juga di pundak.


Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memelihara hewan ini antara lain, karena ia hanya aktif di malam hari, jangan mengajaknya bermain di siang hari, apalagi di bawah terik sinar matahari, karena dapat membuatnya pusing. Sering-sering mengajaknya bermain dan memberinya makan dengan tangan agar ia mengenal Anda. Berikutnya, jangan biarkan ia hidup sendirian, carikan teman dari spesiesnya sendiri, karena ia termasuk dalam hewan komunal.