Advertise

Pesona Tanaman Euphorbia (Tips Merawat dan Mempercantik)

Tanaman ini awalnya tak banyak dilirik orang, namun setelah dilakukan rekayasa genetika di Thailand, kini banyak dicari orang karena keindahan dan keberagaman warna bunganya.


Kriteria euphorbia yang indah adalah memiliki batang yang kokoh dan bunga yang lebat. Tanaman ini tidak menyukai tempat yang tergenang dan lembap.

Ciri khas tanaman ini terletak pada batangnya yang diselimuti duri. Bagi orang Thailand, duri-duri yang tajam itu dianggap mampu mengusir roh-roh jahat. Selain itu, jumlah bunganya yang selalu merupakan kelipatan delapan dianggap membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Agar tanaman ini terlihat cantik dan menawan, berikut ada beberapa tips yang wajib Anda perhatikan.

1. Jangan menyiram tanaman ini secara berlebihan. Tanaman ini tidak menyukai penyiraman yang berlebihan. Jika kelebihan air, pertumbuhannya akan terhambat, daun-daun menguning, dan akarnya membusuk.

2. Media tanam yang digunakan untuk menanam euphorbia sebaiknya berupa campuran sekam bakar, pasir malang, serbuk sabut kelapa (cocopeat), dan sedikit pupuk kandang.

3. Pemberian pupuk yang tepat. Pada awal pertumbuhan, tanaman ini membutuhkan banyak unsur nitrogen, sehingga dalam memilih pupuk, Anda sebaiknya memilih pupuk yang mengandung nitrogen tinggi. Sebaliknya pada saat mulai berbunga, unsur nitrogen harus dikurangi, jadi pilihlah pupuk yang mengandung nitrogen rendah.

4. Pemangkasan. Tujuan pemangkasan adalah mengurangi penguapan, merangsang keluarnya bunga, sekaligus mempercantik tajuk tanaman.