Advertise

Cara Mencegah Pemborosan Saat Berbelanja

Boros menjadi penyakit tak terdiagnosa bagi siapa saja. Hal ini terjadi ketika Anda tidak dapat mengatur arus pengeluaran keuangan sehari-hari, atau bisa juga karena kurang terkendalinya emosi dalam membeli suatu keinginan, yang tidak begitu diperlukan.


Munculnya keinginan untuk membeli barang-barang yang kurang dibutuhkan, dapat memicu munculnya pemborosan, karena barang-barang tersebut dibuat atau dikemas semenarik mungkin untuk menarik para pembeli, sehingga orang yang sebelumnya tidak merencanakan untuk membeli barang tersebut, menjadi ingin membelinya hanya sekedar sebagai pemuas keinginan. Berikut ada beberapa tip untuk mencegah pemborosan saat berbelanja.

1. MEMBUAT DAFTAR BELANJA

Bagaimana pengeluaran bisa berjalan sesuai kebutuhan, jika Anda tidak membuat daftarnya? Sebelum pergi berbelanja, buatlah daftar belanja yang benar-benar Anda butuhkan. Hal ini juga akan mengurangi resiko kelupaan dalam membeli barang-barang yang memang dibutuhkan.

2. DISIPLIN DAN PATUH PADA DAFTAR ANDA

Tak ada gunanya daftar belanja dibuat, jika Anda melanggarnya. Patuhilah daftar tersebut, dan jangan tergoda untuk membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan, hanya karena keinginan atau diskon yang menggiurkan.

3. KREATIF DAN CERMAT

Tak perlu membeli semua daftar belanja Anda di tempat yang sama. Mungkin saja di toko lain, Anda bisa mendapatkannya dengan lebih murah. Namun, jangan lupa juga memperhitungkan ongkos perjalanan. Jangan-jangan jika dihitung-hitung, hasilnya sama saja atau malah lebih mahal. Berpikirlah dengan kreatif dan cermat.

4. KEBUTUHAN VS KEINGINAN

Untuk berbelanja cerdas, Anda harus tahu batasan yang jelas antara kebutuhan dan keinginan. Jangan sampai membuat pandangan yang keliru. Tentu saja kebutuhan harus selalu diutamakan, namun jika memiliki simpanan yang lebih, tak ada salahnya memanjakan diri dengan memenuhi keinginan Anda.

5. ISI DOMPET SECUKUPNYA

Bawalah uang tunai secukupnya saja. Tinggalkan kartu kredit di rumah. Ini akan membantu Anda agar tidak mudah tergoda untuk membelanjakan uang Anda.

6. MENUNDA MEMBELI BARANG KEINGINAN
Alternatif lain jika Anda sedang menginginkan suatu barang yang bukan kebutuhan, adalah dengan menundanya. Contohnya: Ketika Anda tertarik pada sebuah baju, Anda dapat mencoba-coba saja terlebih dahulu. Kemudian, kembalilah minggu depan ke toko tersebut, dan terkadang Anda akan merasa tidak menginginkannya lagi.