Advertise

Tip dan Cara Menjadi Penulis Terkenal


Dewasa ini, sarana untuk menulis sudah banyak tersedia. Tapi, kok sulit sekali sih, untuk mulai menulis dan menggoreskan kalimat pertama dalam tulisan Anda? Berikut ada beberapa tips dalam menulis.



1. Mulailah dari hal yang kecil. Tidak perlu mencari hal-hal yang besar untuk ditulis, mulailah dari apa yang Anda alami dan lihat di sekitar Anda. Tulis saja apa yang ingin Anda ungkapkan. Setiap orang adalah gudang pengalaman dan pengetahuan yang luar biasa. Pengalaman hidup dari kecil sampai sekarang, tentu saja kaya dengan sumber-sumber yang tidak ada habisnya.

2. Cari perspektif baru yang segar. Jangan menulis hal yang sama tentang sesuatu yang sudah banyak ditulis oleh banyak orang. Cobalah cari sudut pandang baru yang segar. Di mana mencarinya? Di dalam diri Anda sendiri, tentu saja. Semua orang mengalami peristiwa dengan caranya yang unik. Jika hal itu Anda tuangkan ke dalam tulisan, maka tulisan itu akan menghasilkan perspektif yang unik terhadap suatu masalah.

3. Memiliki komitmen dan empati. Anda harus membangun empati terhadap apa pun yang akan Anda tulis. Tulisan yang berasal dari hati tentu bisa membangun minat yang lebih dalam terhadap topik yang ditulis. Selain itu, penulis harus memiliki komitmen terhadap apa yang akan ditulisnya. Artinya, jangan menulis hanya karena ditugaskan, atau karena ingin menjadi orang terkenal. Tapi menulislah karena ada sesuatu yang ingin Anda sampaikan.

4. Mengedit. Ketika sebuah tulisan selesai dibuat, baru 50% pekerjaan yang sudah diselesaikan. Selanjutnya, Anda harus membaca dan memeriksanya kembali. Sudah betulkah itu yang ingin Anda sampaikan? Dengan kata lain, editing merupakan bagian yang sangat penting dalam menulis. Mintalah orang lain untuk membaca tulisan Anda dan mengomentarinya.

Selamat menulis!