Advertise

Efranda Stefanus (Franda), Presenter Cantik Indonesia Asal Malang

Beberapa tahun terakhir ini wajah oriental perempuan cantik kelahiran Batu, Malang, pada 8 Februari 1987 ini, telah memberi warna di jagat hiburan Indonesia. Wajah manisnya biasa menyapa dari layar berbagai stasiun televisi di Indonesia.


Ketertarikan pemilik tinggi tubuh 160 cm ini dalam dunia hiburan berawal pada tahun 2007. Franda yang saat itu masih duduk di bangku kuliah, mencoba peruntungannya saat ia mengirim fotonya ke sebuah tabloid yang sedang menggelar lomba modeling. Tidak disangka olehnya, ia ternyata terpilih sebagai pemenang untuk kategori Viewer Choice (pilihan penonton).

Si bungsu dari empat bersaudara yang semuanya perempuan ini, kemudian semakin dikenal setelah menjadi finalis MTV VJ Hunt 2007. Wanita keturunan Tionghoa ini kemudian sempat menjadi pembawa acara tamu dalam acara musik RCTI, "Dahsyat", menggantikan Luna Maya. Sejak itu, ia pun mulai dilirik oleh berbagai stasiun televisi. Ia kemudian diminta memandu berbagai program acara televisi, seperti "Lensa Olahraga Pagi", "Total Football", "Lensa Musik", "Obsesi", dan "Was-Was". Sebelumnya, Franda juga sempat mencicipi dunia modeling, dengan menjadi model untuk majalah pria dewasa, FHM.

"Awalnya saya tak terpikir bakal kecemplung di dunia ini. Semuanya seperti kebetulan," ujar Franda, sapaan akrab Efranda saat ditemui menjelang syuting salah satu program televisi.

Namun semua kesibukannya itu tak membuat dia menelantarkan aktivitas perkuliahannya. Mahasiswi jurusan Komunikasi Massa di London School of Public Relation ini lulus tepat waktu dengan IPK nyaris sempurna, 3,86. "Mungkin karena dari kecil saya sudah terbiasa dididik disiplin waktu yang ketat," katanya.

Gadis kelahiran Kota Batu, Malang ini, memang sudah terbiasa dengan segudang aktivitas sejak kecil. Saat masih duduk di bangku sekolah dasar, ia sudah disibukkan dengan berbagai kegiatan, seperti les vokal dan piano. "Keluarga saya dari dulu senang musik," ujar penggemar Avril Lavigne ini.

Selain menjadi model dan presenter, Franda juga ikut terjun dalam film layar lebar. Ia bermain dalam film berjudul "Xia Ai Mei", yang bertema perdagangan manusia. Dalam film ini, ia berperan sebagai Xi Xi, gadis lugu asal Guang Xi, China, yang terlempar menjadi gadis penghibur di Jakarta. Awalnya Franda sempat merasa gugup lantaran sebelumnya tidak pernah menjamah dunia akting. Namun kemauan belajarnya yang keras mengatasi rasa takutnya itu.

Sejauh ini, gadis yang beragama Kristen Protestan tersebut telah menjadi model dari sejumlah iklan di tanah air seperti: Kopi Good Day (2012), BlackBerry (2011), Nutrifood HiLo (2010-2011), KFC (2008-2010), Hemaviton Energy Drink (2003-2008), Coca-Cola (2000-2012), Indosat SLI 001 (1999-2000), dan Suzuki Tornado GS (1994-1996).