Advertise

Resep Coto Makassar, Ikon Kuliner Kota Makassar

Coto Makassar adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang paling populer. Sesuai dengan namanya, coto Makassar berasal dari Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Rasa khas daging dan jeroan sapinya yang empuk dan lezat, membuat makanan ini menjadi ikon kuliner Kota Makassar. Berikut kami bagikan resep membuat coto Makassar yang lezat.


Bahan:
200 gr daging sapi, 300 gr jeroan sapi, 1500 ml air untuk merebus, 3 sdm minyak goreng.

Bumbu:
6 siung bawang putih, 2 sdt ketumbar bubuk, ½ sdt jintan bubuk, 1 sdt merica bubuk, 2 batang serai (memarkan), 2 cm lengkuas (memarkan), 2 sdm kacang tanah sangrai (haluskan), 2 sdt garam.

Sambal Tauco:
4 buah cabai merah, 4 buah cabai rawit, 2 butir bawang merah, 3 sdm tauco, 1 sdm minyak goreng, 1 sdm gula pasir, 50 ml air matang.

Pelengkap:
Bawang goreng, daun bawang (iris halus), seledri (iris halus), jeruk nipis (potong-potong).

Cara Membuat:
1. Rebus daging dan jeroan secara terpisah hingga empuk. Angkat dan potong-potong. Sisakan air kaldu rebusan daging sebanyak 1000 ml. Buang air rebusan jeroan.

2. Haluskan bawang putih, ketumbar, dan jintan. Tumis bersama serai, lengkuas, dan kacang tanah hingga harum. Masukkan ke dalam kaldu rebusan daging. Lalu, tambahkan garam. Masak dengan api kecil hingga mendidih.

3. Masukkan potongan daging dan jeroan. Setelah itu, didihkan kembali.

4. Sambal tauco: haluskan cabai merah, cabai rawit, bawang merah, dan tauco. Tumis hingga harum. Masukkan gula pasir dan air. Didihkan dan angkat.

5. Tuang coto makassar ke dalam mangkuk saji. Taburi dengan bawang goreng, seledri, dan daun bawang. Sajikan dengan sambal tauco dan irisan jeruk nipis.

Tips Lezat:
Sangrai jintan dan ketumbar sebelum dihaluskan supaya kuah menjadi lebih harum.