Advertise

PULAU JEJU, "New 7 Wonder" dari Korea Selatan

Pada 2011, Pulau Jeju terpilih secara resmi sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia versi New Seven Wonder Foundation. Pulau yang semakin terkenal di pariwisata dunia itu, terbentuk dari letusan gunung api bawah laut 500 tahun silam. Bentuknya menyerupai benteng dari batu raksasa yang mengapung di Semenanjung Jeju. Akibat dari proses alam itu, terbentuklah keindahan yang menjadi kebanggaan warga Korea Selatan.


Seonsang Ilchulbong adalah lokasi wisata sekaligus maskot dari Pulau Jeju. Saat mengunjunginya, Anda dapat naik sampai ke puncak gunung tersebut, karena pemerintah setempat sudah membuat jalur dan anak tangga yang aman hingga ke puncak gunung itu.

Pulau impian warga Korea Selatan itu, saat ini adalah objek wisata yang paling banyak peminatnya di Korea Selatan. Semua penerbangan menuju Jeju selalu penuh dengan rombongan turis, baik dari lokal maupun mancanegara. Tercatat lebih dari sejuta turis mengunjunginya selama tahun 2011 lalu.

Anda jangan kaget jika melihat banyak perempuan yang bekerja di Pulau Jeju. Ya, di Jeju, perempuanlah yang banyak melakukan tugas pria dalam bekerja. Dolharubang adalah simbol dari warga Jeju. Patung batu itu, dianggap sebagai dewa yang melindungi mereka. Hampir di setiap persimpangan jalan, Anda dapat melihat patung tersebut.

Lokasi wisata di Jeju yang tak boleh Anda lewatkan, tentu saja adalah Seopjikoji, yang pernah menjadi lokasi syuting salah satu drama Korea. Selain itu, ada All in House, sebuah gereja yang menjadi museum drama Korea.

Ada juga Manjanggul Lava Cave, gua wisata yang keasliannya masih terjaga dengan baik. Gua yang mendapat predikat national heritage dari UNESCO itu, konon terbentuk 300.000 tahun lalu dari lelehan lava Gunung Halla, gunung terbesar di Pulau Jeju. Hampir setiap hari, gua selebar 10 meter itu ramai dikunjungi oleh rombongan turis atau anak sekolah.

Masih ada satu lagi pilihan wisata menarik yaitu Yacht Tour di Pantai Jungmun. Di sini, Anda dapat bersantai di atas yacht sambil menikmati berbagai camilan dan wine sembari memancing. Beberapa drama Korea terkenal juga pernah mengambil syuting di atas yacht ini. Misalnya: Boys Over Flower, The Golden Fish, dan Sallow the Sun.

Keindahan dan keajaiban Pulau Jeju, telah membuat UNESCO sebagai badan resmi dari PBB telah beberapa kali memberikan penghargaan kepada pulau tersebut, yaitu UNESCO Biosphere Reserve (2002), UNESCO World Natural Heritage (2007), dan UNESCO Global Geopark (2010).