Advertise

The World's Most Powerful People 2012

Majalah terkemuka Forbes baru saja merilis daftar tokoh paling berpengaruh di dunia 2012. Barack Obama kembali berada di posisi teratas, setelah tahun lalu Obama juga berada di posisi tersebut. Daftar yang berisi 71 tokoh itu, mewakili penduduk dunia yang kini diperkirakan berjumlah 7,1 miliar.


Meski Obama kini menghadapi tantangan besar di Amerika Serikat, seperti lonjakan utang, tingginya angka pengangguran, defisit fiskal, hingga konflik di Timur Tengah, namun presiden AS keturunan Afrika itu tetap memimpin di urutan teratas. "Obama tetap menjadi panglima militer terkuat di dunia dan pemimpin superpower ekonomi maupun budaya. Dia juga pemimpin dunia bebas," tulis Forbes.

Urutan kedua ditempati Kanselir Jerman, Angela Merkel. Forbes menyebut Merkel sebagai pemimpin Uni Eropa yang beranggotakan 27 negara dan tokoh yang menjadi "tulang punggung" nasib mata uang Euro.

Posisi ketiga ditempati Presiden Rusia, Vladimir Putin, setelah terpilih untuk ketiga kalinya memimpin Rusia. "Secara resmi Putin adalah pemegang kekuasaan," tulis Forbes.

Majalah Forbes menyusun daftar urutan tersebut berdasarkan empat kriteria, yaitu kekuasaan atau pengaruh terhadap banyak orang, kontrol atas sumber daya keuangan, pengaruh dalam berbagai bidang kehidupan, dan penggunaan kontrol dan pengaruh tersebut secara aktif.

Berikut ini adalah 10 orang teratas dari daftar yang dirilis atau dikeluarkan setiap tahun itu: 1. Barack Obama, 2. Angela Merkel, 3. Vladimir Putin, 4. Bill Gates, 5. Paus Benediktus XVI, 6. Ben Bernanke, 7. Abdullah bin Abdul Aziz al Saud, 8. Mario Draghi, 9. Xi Jinping, 10. David Cameron.