Advertise

Ini Dia, 10 Orang Terkaya di Dunia (2013)

Awal Maret 2013, Majalah Forbes kembali merilis daftar orang-orang terkaya di dunia. Dari daftar tersebut, pengusaha asal Meksiko, Carlos Slim Helu, kembali menempati urutan pertama. Sedangkan pengusaha properti asal Hongkong, Li Ka Shing, menempati urutan kedelapan. Berikut adalah 10 teratas orang paling kaya di dunia versi majalah tersebut.


1. Carlos Slim Helu
Carlos Slim Helu lahir pada 28 Januari 1940. Ia merupakan pengusaha sekaligus filantropis dari Meksiko. CEO dari perusahaan telekomunikasi Teléfonos de México dan América Movil itu, sudah tiga kali berturut-turut menyabet posisi pertama orang terkaya dunia. Majalah Forbes memperkirakan kekayaan Slim Helu sebesar USD 73 miliar.

2. Bill Gates
Bill Gates adalah tokoh bisnis, investor, filantropis, penulis, dan mantan CEO dari Microsoft. Saat ini, ia dan istrinya Melinda, sibuk mengurus yayasan sosial mereka, yaitu Bill and Melinda Gates Foundation. Kekayaan pria yang lahir di Seattle, Washington, Amerika Serikat, pada 28 Oktober 1955 itu, diperkirakan mencapai USD 67 miliar.

3. Amancio Ortega
Amancio Ortega lahir pada 28 Maret 1936. Pengusaha dari Spanyol ini adalah CEO dari perusahan Inditex yang bergerak di bidang retail fashion. Menurut Majalah Forbes, orang terkaya di Spanyol dan pemilik dari label fashion Zara itu, memiliki kekayaan mencapai USD 57 miliar.

4. Warren Buffet
Warren Buffet lahir di Omaha, Nebraska, Amerika Serikat, pada 30 Agustus 1930. Ia adalah seorang investor kondang asal Amerika Serikat. Pemilik perusahaan Berkshire Hathaway itu, diperkirakan kekayaannya mencapai USD 53,5 miliar.

5. Larry Ellison
Larry Ellison lahir di Manhattan, New York, Amerika Serikat, pada 17 Agustus 1944. Ellison adalah salah satu pendiri dan CEO dari perusahaan perangkat lunak database Oracle Corporation. Posisinya di tahun ini naik satu peringkat dibandingkan tahun lalu. Diperkirakan kekayaan pria ini mencapai USD 43 miliar.

6. Charles Koch
Charles Koch lahir pada 1 November 1935. Ia adalah pengusaha dan filantropis asal Amerika Serikat. Pada 2012 lalu, ia masih menempati posisi ke-18 dalam daftar orang-orang terkaya dunia. Pada 2013 ini, Koch langsung melejit naik ke posisi keenam dengan jumlah kekayaan sebesar USD 34 miliar.

6. David Koch
David Koch lahir 3 Mei 1940. Ia adalah adik dari Charles Koch. Kakak beradik ini memiliki perusahaan Koch Industries. David yang kekayaannya di tahun lalu mencapai USD 31 miliar, di tahun 2013 ini kekayaannya melonjak menjadi USD 34 miliar.

8. Li Ka Shing
Li Ka Shing lahir 13 Juni 1928. Ia adalah seorang pengusaha properti terkemuka di Hongkong. Majalah Forbes mengatakan bahwa Li Ka Shing adalah orang keturunan China terkaya di dunia. Tahun 2013 ini, kekayaannya mencapai USD 31 miliar, naik satu peringkat dibandingkan tahun lalu.

9. Liliane Bettencourt
Liliane Bettencourt adalah orang terkaya di Prancis. Ia lahir pada 21 Oktober 1922. Bettencourt adalah anak satu-satunya dari Eugène Schueller, pendiri raksasa kosmetik dunia, L'Oréal. Tahun 2013 ini adalah tahun pertamanya masuk dalam daftar 10 teratas orang terkaya di dunia. Kekayaannya diperkirakan mencapai USD 30 miliar.

10. Bernard Arnault
Bernard Arnault lahir pada 5 Maret 1949. Pebisnis dari Prancis ini adalah CEO dari perusahaan LVMH yang memproduksi barang-barang fashion mewah dengan label Louis Vuitton. Tahun ini, peringkat Arnault merosot dari posisi keempat di tahun 2012, menjadi posisi kesepuluh. Kekayaan pria ini diperkirakan mencapai USD 29 miliar.