Advertise

Kenali Seni Memasak ala Jepang "Robatayaki"


Anda tentu sudah mengenal makanan Jepang favorit seperti sushi, ramen, atau sashimi. Meski kalah terkenal dibandingkan tiga makanan di atas, tapi soal rasa, robatayaki, makanan yang berasal dari Hokkaido itu, tak kalah dengan aneka makanan Jepang lainnya.


Robatayaki yang berarti "memasak di samping api" merupakan seni memasak yang berasal dari masyarakat nelayan di Pulau Hokkaido, Jepang. Jika dilihat secara sekilas, Robatayaki mempunyai sedikit kesamaan dengan metode grill ala Amerika, namun berbeda dalam hal persiapan dan pelaksanaan.

Robatayaki memiliki keunikan tersendiri dalam hal cara memasaknya. Robatayaki menggunakan teknik memasak pelan dan lambat di sebuah wadah besar yang berisi pasir dan arang membara. Arang tersebut disusun secara vertikal di bagian tengah wadah, seperti api unggun. Kemudian, bahan-bahan makanan yang biasanya berupa makanan laut dan sayuran yang telah ditusuk batang logam ditancapkan pada pasir di sekeliling arang. Bahan-bahan makanan itu, kemudian dibumbui dengan saus, garam, dan sake.

Seni memasak robatayaki memerlukan sedikit kesabaran, karena membutuhkan waktu sekitar 30 menit agar masakan bisa matang secara merata.

Selamat memanggang!